kalian pasti tau dong pacman, siapa sih yang tidak tau game pacman, game klasik yang udah dimainkan milyaran orang didunia pada zaman dulu, dan sekarang adanya di Nintendo-Nintendo. langsung aja karena tutorial ini akan jadi Panjang.
1.Buka game maker, kemudian masukan satu persatu strips pacman yang telah kamu download kedalam folder sprites [ sprite ---) create sprite], lihat gambar dibawah ini, dengan ketentuan nama seperti dibawah ini:
2. Membuat Object
Klik kanan folder object, kemudian klik Create Object.
- Masukan nama obj_pacman untuk menamai objek tersebut.
- Buatlah sebuah Event baru yaitu Create Event, kemudian buat Execute code dan masukan script dibawah ini:
- Setelah itu, buatlah sebuah Event baru lagi yaitu “Step Event”, dan seperti biasa buat sebuah execute code, kemudian masukan script dibawah ini:
3. Membuat Room
- klik Create room, pada setting room masukan nilai masing-masing 480 pada kolom Width dan Height.
- Beri nama room tersebut dengan nama stage1, dan aktifkan fungsi grid (garis-garis) dengan nilai SnapX dan SnapY =32, agar objek tersebut pas pada grid yang kita inginkan, kemudian tempatkan “obj_pacman” dimanapun kamu suka.
4. Membuat Stage
- Buatlah sebuah sprite baru dengan ukuran 32x32 ( sudah tersedia dalam file rar ):
- Berilah nama sprite tersebut dengan nama”spr_tembok”.
- Urusan mengenai sprite telah selesai, sekarang saatnya membuat objek.
- Klik folder Object ---) Create Object, kemudian beri nama objek tersebut dengan nama obj_tembok.
- Centang opsi solid ( fungsinya agar karakter pacman tidak bisa menembus objek solid ini ), dan ubah nilai depth menjadi 10 ( kedalaman object), kemudian klik Ok.
- Sekarang pindah ke “obj_pacman”, klik kanan obj_pacman ---) pilih properties.
- Buatlah sebuah Event baru yaitu “Collision” dan pilih obj_tembok sebagai objeknya.
- Buatlah sebuah execute code di Event Collision, kemudian masukan script dibawah ini pada execute code tersebut:
- Klik Tanda ceklis warna hijau, kemudian klik Ok.- Sekarang pindah ke folder room, klik kanan room stage1 ---) pilih properties.
- Tempatkan obj_tembok dimanapun kamu suka, tetapi ingat nilai SnapX dan SnapY harus 32, agar desain stagenya menjadi rapih.
5. Membuat Musuh PACMAN ( GHOST )
Buat atau download sprite musuh.png pacman dibawah ini ( klik kanan ---) save as ) sebagai contoh:
- Masukan sprite itu dengan metode ( edit sprite ---) create from strip ), kemudian beri nama sprite tersebut dengan nama spr_musuh, lalu jangan lupa buat mask dengan mode bounding boxnya full image dengan shape rectangle.
- Sekarang meluncur ke folder Object, klik kanan folder object ---) kemudian pilih create object.
- Beri nama object tersebut dengan nama “obj_musuh” dan gunakan sprite spr_musuh sebagai sprite objek tersebut.
- Sekarang buat Event baru yaitu create dan buat pula execute codenya , lalu masukan script dibawah ini:
Sekarang buat event baru yaitu Event Collision dan pilih obj_tembok sebagai objek collisionnya ---) kemudian buat execute code dan masukan script dibawah ini:
klik tanda ceklis warna hijau, kemudian klik tombol Ok
- Kemudian meluncur ke folder room, seperti biasa klik room stage1 ---) pilih properties.
- Tempatkan obj_musuh dimanapun kamu suka.
6. Membuat AI ( Artifical Inteligence ) atau Kecerdasan Buatan Untuk si musuh.
Caranya :
- Klik folder scripts ---) kemudian pilih create script ---) beri nama script tersebut dengan nama “scr_ai_musuh”.
- Masukan script di bawah ini pada scr_ai_musuh:
- Klik tanda ceklis berwarna hijau.- Sekarang pindah ke folder object, klik kanan obj_musuh ---) pilih properties.
- Buatlah sebuah Event baru yaitu : Step Event, kemudian buat execute code dan masukan script dibawah ini:
- Sekarang pindah ke Event Collision yang telah kamu buat sebelumnya ( collision dengan obj_tembok), klik kanan execute code tersebut.
- Tambahkan script di bawah ini dibawah script yang sebelumnya sudah ada:
Dan Klik Ok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar